OnPage SEO, Optimasi Konten dan Halaman Website untuk Mesin Pencari

OnPage SEO, Optimasi Konten dan Halaman Website untuk Mesin Pencari - Dalam artikel sebelumnya AgenKlik pernah menyinggung sedikit tentang SEO, nah sekarang AgenKlik akan menjelaskan tentang On-Page SEO. Apa itu On-Page SEO? On-Page SEO yaitu sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari dalam. Maksudnya adalah dari dalam website kita baik itu struktur, tema, tulisan kecepatan dan lain sebagainya. Cara optimasi on-page SEO dilakukan mulai dari meletakkan kata kunci di URL, Judul Artikel, Meta Deskripsi, Alt gambar, dan lain sebagainya. Optimasi On-Page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar -benar yang memiliki kualitas terbaik.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website On-Page SEO, yaitu: 

1. Konten
2. Judul
3. keyword
4. URL
5. Meta Description
6. Media Gambar
7. Outbound Link
8. Internal Link
9. Social Sharing
10. Kecepatan Website

1. Konten Dengan Kualitas Terbaik

Konten pada sebuah situs website memegang peranan penting pada saat melakukan optimasi. Anda dapat secara langsung menilai bagaimana konten yang baik dan berkualitas. Bila anda belum bisa membedakan jenis konten yang asal jadi dengan konten yang dibuat dengan strategi, anda bisa menganalisa dengan panduan dibawah ini. Ciri-cirinya sebagai berikut :
  • Memberikan manfaat bagi pengunjung.
  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis.
  • Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung.
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.).
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung.
Setelah mengetahui ke 5 ciri tersebut anda bisa mencoba lebih semangat lagi untuk menulis dengan konten yang lebih objektif dari sebelumnya.
Perlu anda ketahui bahwa Google tidak akan mengoptimasi website sebagai berikut :
  • Kurus (thin), tidak berbobot.
  • Tidak memberikan kepuasan pada pembaca.
  • Tulisan tidak original/subjektif. 
  • Pembaca tidak menemukan solusi yang dicari.
Kalau konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas, maka akan sangat sulit mendapatkan nilai dari google sebagai website yang relevan. Kemungkinan website anda tidak pernah maju dan tidak terindex oleh mesin pencari. Algoritma google dan mesin pencari lainnya akan selalu update, mak dari itu baiknya anda pun segera mengembangkan konten yang bisa di terima oleh mesin pencari.

2. Keyword Yang Populer Dan Tepat Sasaran

Anda tentu menyadari bila ingin melakukan pencarian di mesin pencari semacam google, apa yang anda maksudkan dituangkan kedalam sebuah kalimat dengan harapan akan muncul artikel yang dituju. Anda pasti menggunakan sebuah kata kunci mewakili artikel dengan judul yang menarik yang akan anda dapatkan, itulah yang disebut keyword yang populer dan tepat sasaran. Ini difungsikan saat anda akan membuat artikel dengan judul yang menarik. Sebuah kata kunci akan sukses bilamana kata tersebut sering dipakai dan populer ketika pengunjung ingin mendapatkan informasi.
Anda harus memprediksi keyword dengan maksud yang orang lain tuju. Misalnya saja anda memposisi kan diri anda sebagai orang yang ingin membeli handphone SAMSUNG. Kemudian anda memposisikan diri anda sebagai blogger / pembangun website yang ingin menerka maksud dari si pengunjung.
Mungkinkah, pengunjung menulis "beli hp Samsung" ? pada mesin pencari. Ya... Mungkin saja, tapi disini kita tidak membahas kemungkinan, melainkan seberapa populer maksud dari pengunjung tersebut.
Tujuan : membeli handphone Samsung
Keyword umum : Samsung
Dari kedua kata diatas, kita bisa menyimpulkan keyword apa yang akan populer. Good jobs, dalam membeli sesuatu kata kunci yang sangat fenomenal jelas yang berkaitan dengan HARGA, Spesifikasi, Kekurangan, dan Kelemahan. Dari keempat prediksi tersebut anda bisa membangun sebuah artikel yang mencakup semuanya. Dengan begitu keyword anda akan berhasil di telusuri oleh calon pengunjung.

3. Judul Halaman Yang Mengundang Klik

Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar. Misalnya keyword "belajar SEO" , maka judulnya mengandung kata "belajar On-Page SEO". Tapi tidak cukup sampai disitu. Anda tidak boleh melupakan optimasi dan kepuasan dari pengunjung maka peringkatnya akan naik dan optimasi google akan berhasil. 
Coba buat perbandingan :
Misalkan, ada 2 website yang bersaing di, di peringkat 1 dan 2 pada hasil penelusuran. Namun, ternyata website peringkat 2 lebih  lebih banyak mendapatkan pengunjungdaripada peringkat 1. Itu karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik

OnPage SEO, Optimasi Konten dan Halaman Website untuk Mesin Pencari
OnPage SEO, Optimasi Konten dan Halaman Website untuk Mesin Pencari

Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di  peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama dan perubahan itu dinilai wajar karena yang relevan dan teroptimasi dengan baik akan menduduki peringkat teratas. Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca

Masuk akal?

Karena judul adalah elemen halaman yang palig pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan menoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.

4. URL yang sngkat dan deskriptif

Meskipun pengaruhnya tidak besar tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.

Berikut ini contoh URL yang tidak baik. Hindari penggunaan URL seperti ini .

  • http://qq4d.info/?p=12
URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi dari halaman tersebut.
Contohnya :
  • Halaman tentang ' seo friendly' > qq4d.info/seo-friendly/
  • Halaman produk 'apple watch' > domain.com/aksesoris/apple-watch/
Biatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama.


5. Meta desciption yang deskriptif dan mengundang klik

Meta description adlah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian :

OnPage SEO, Optimasi Konten dan Halaman Website untuk Mesin Pencari

Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda.

Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian. Karena google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini di optimasi.

(Lagipula tidak memakan waktu lama)


Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi.

Seperti logika tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkatnya

6. Gambar berkulitas tinggi dan berukuran optimal

Bayangkan sebuah halaman website yang 100% isinya teks, pasti sangat membosankan. Maka dari itu, gambar atau video merupakan nilai lebih.

Anehnya, banyak yang beranggapan gambar justru merugikan...
Itu TIDAK BENAR !!!
Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia dalam konten.

Kecuali, apabila jumlahnya sangat banyak sehingga membuat komputer pengunjung website anda macet. Atau apabila tidak ada kaitannya dengan konten.

Beberapa tips: 

  1. Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan dengan konten
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak bengkak
  3. Pastikan resolusi yang tepat agar sesuai dengan yang di tampilkan
  4. Kompres gambar supaya optimal
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar
7. Referensi berupa link ke website lain

Poin ini sangat penting terutama bagi website baru.
 Google, sebagai pusat informasi tentunya ingin menyediakan konten konten yang terpercaya. Agar informasinya tidak menyesatkan banyak orang.

Inilah mengapa website besar lebih mudah masuk halaman pertama, karena reputasinya sudah terbangun sejak lama.

Nah, karena website ada masih baru, google menganggap isinya belum bisa dipercaya. Karena belum dipercaya, maka akan lebih sulit mendapatkan peringkat tinggi.

Disini lah link referensi bisa membantu.

Link ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten anda jika lebih baik.

Analogi nya seperti ini:
Coba ambil salah satu buku non-fiksi.

Didalam buku tersebut pasti ada daftar pustaka atau catatan kaki. Isinya informasi kutipan dari sumber lain.

Buku tanpa kutipan sumber lain akan dianggap tidak dipercaya.

8. Internal link untuk mempermudah navigasi

Ada istilah namanya Bounce.

Bounce artinya ketika seseorang masuk ke website anda, kemudian dia langsung keluar tanpa melakukan apapun.

Kalau bounce rate dari website anda tinggi, bisa jadi karena :
  • Kualitasnya mengecewakan
  • Navigasinya sulit
Ingat lagi, website yang mengecewakan pengunjung tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinggi.

Sehingga bounce rate bisa jadi faktor yang menunjukkan kepuasan pengunjung.

Salah satu upaya menurunkan bounce rate adalah dengan memasang internal link (link antar halaman). supaya pengunjung dengan mudah berkunjung ke halaman lain dalam website anda.

9 Bisa di share ke Social Media

Saat ini Google tidak menganggap jumlah share  sebagai faktor penentu peringkat di Google, tapi bukan berarti social sharing tidak penting.

Justru sebaliknya.

Social share punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website.

Ini manfaat dai social share :
  1. Tambahan pengunjung
  2. Branding, website anda akan dikenal
  3. Faktor kepuasan bertambah tinggi (kalau website anda bisa memuaskan pengunjung yang datang)
  4. Beberapa dari pengunjung akan memberikan backlink (dibahas lebih lanjut dalam bab selanjtnya)
Dibandingkan SEO, social media akan membangun brand website anda dengan lebih cepat.

Inilah yang punya efek terhadap SEO.
Ketika website anda sudah dikenal, maka orang orang akan mencari website anda lewat Google.

Karena banyak yang mencari lewat Google, artinya reputasi website anda akan dianggap bagus oleh Google.

Oleh karena itu, pasang tombol share di website anda.

10. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan

Website yang  lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi.

dalam artikal yang ditulis Oleh BILLY HOFFMAN di MOZ, Terlihat bahwa website yang berada dalam peringkat atas memiliki waktu repson yang lebih singkat. Time to First Byte  (TTFB) artinya waktu yang dibutuhkan server website sampai user mendapat 1 byte pertama. Dengan kata lain, waktu respon server.
Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari. Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya singkat.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:
  1. Kualitas hosting yang digunakan
  2. Jumlah file .js dan .css di <head>
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung
Perlu diingat: keberadaan gambar dan video tidak akan dianggap mengurangi kecepatan website. Kecuali apabila jumlahnya berlebihan dan tidak diperlukan.
Anda bisa menguji kecepatan website anda melalui Google Page Speed Test. Segera lakukan perbaikan kalau skornya di bawah 75.

Komentar

Postingan Populer